Sunday, 14 April 2013

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MOTIVASION LEARNING




Nama Strategi                      :    Motivation Learning
Media pembelajaran             :    1. Buku materi pelajaran
                                                      ( Aqidah Akhlaq – Prilaku terpuji “Bekerja Keras”)
                                                  2. Sebuah batang pohon.
                                                  3. Pisau
Metode                                 :    Ceramah, Kerja Kelompok dan Tanya Jawab.
Pola Interaksi dalam BM     :    Interaksi Dua Arah dan Multi Arah.

LANGKAH-LANGKAH PENGAJARAN

1.      Guru memegang kedua media tersebut
Ø  Sebuah batang pohon.
Ø  pisau.
2.      Memberikan pertanyaan kepada peserta didik.
Ø  Apa nama benda yang sedang dipegang oleh guru ?
Ø  Guru menanyakan fungsi dari sebuah pisau ?
Ø  Guru menanyakan bagaimana jika sebuah pisau yang guru pegang di gunakan untuk menebas sebuah batang pohon, dan apa yang akan terrjadi ?
3.      Media mulai di gunakan
Guru melakakan tebasan pertama pada batang pohon tersebut, namun batang pohon tersebut tidak sama sekali terdapat ada tanda-tanda batang sudah patah.
Ø  Guru melakukan tebasan kedua, batang pohon belum patah juga.
Ø  Kemudian guru melanjutkan melakukan tebasan yang selanjutnya dan selanjutnya, maka barulah batang pohon itu kemudian patah.

4.      Guru menjelaskan makna yang dari nomor 3 “menebas batang pohon tidak hanya dengan sekali tebasan batang akan patah, namun dibutuhkan berkali-kali tebasan baru batang bisa patah”. Di perlukan sikap bekerja keras dan sungguh-sungguh jika ingin mematahkan sebuah batang pohon dengan menggunakan pisau.
5.      Guru  menghubungkan kejadian pd no. 3 dengan nilai bekerja keras dan bersungguh-sungguh. Dan ceritakanlah kepada peserta didik kisah Thomas Alva Edison sang penemu lampu pijar.
6.      Barulah guru menjelaskan materi pembelajaran yang ada pada buku pelajaran.
7.      Langkah Evaluasi Materi Pelajaran.
Ø  Guru membentuk peserta didik menjadi beberapa kelompok.
Ø  Guru menyuruh masing-masing kelompok untuk membuat pertanyaan seputar materi pelajaran yang akan disampaikan pada kelompok lainnya, dan kelompok yang diberikan pertanyaan wajib menjawab dan memberikan penjelasan tentang jawabannya.
Ø  Didalam evaluasi guru bertugas sebagai pemimpin lalu lintas dan petunjuk jalan pada sesi tanya jawab antar siswa dan pada akhir evaluasi diharapkan guru memberikan kesimpulan tentang pertanyaan dan jawaban yang dihasilkan oleh evaluasi.


             Strategi Motivation Learning adalah strategi yang digunakan untuk memunculkan terlebih dahulu rasa semangat belajar peserta didik sebelum menerima materi yang akan disampaiakan. Nilai-nilai motivasi yang diberikan oleh guru sebelum materi pembelajaran disampaikan akan membantu mempermudah peserta didik untuk lebih memahami materi pelajaran yang akan disampaikan oleh guru.
            Hasil pembelajaran dengan menggunakan Strategi Motivation Learning diharapkan guru lebih mudah memenuhi indikator-indikator, SK dan KD yang diterapkan pada materi pembelajaran, sedengkan untuk peserta didik akan lebih mudah menangkap apa yang disampaikan oleh guru, selain itu efek dari pemberian motivasi ialah akan menimbulkan rasa ingin pada peserta didik untuk mengamalkan apa yang telah disampaikan oleh seorang guru.
            Namun, menurut penulis kekurangan dari strategi ini adalah tidak semua peserta didik akan langsung mengamalkan semua yang telah disampaikan oleh guru, karena setiap peserta didik mempunyai karakter yang berbeda-beda.

PENUTUP
            Semoga dengan straregi Motivation Learning yang penulis ciptakan dari inspirasi yang muncul setelah menonton sebuah film produksi Kompas Gramedia secara tidak sengaja, khususnya  pembelajaran pendidikan agama Islam di Indonesia akan lebih di minati oleh para peserta didik, dan tidak hanya itu. Akibat motivasi yang diberikan sebelum materi inti pembelajaran disampaiakan akan muncul dalam diri peserta didik yaitu keinginan untuk mengamalkan pembelajaran-pembelajaran pendidikan agama Islam yang telah disampaikan oleh guru pada kehidupan sehari-hari, karena itulah yang merupakan target utama dari suatu pembelajaran pendidikan agama Islam
            Sebagai kata penutup, penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya yang pertama kepada Dosen Pengampu Mata kuliah Strategi Pembelajaran PAI Bpk. Drs. Muh. Irsyad, M. Pd.I yang kedua kepada temen-temen pembaca atas semua kekurangan yang ada pada konsep strategi Motivation Learning yang penulis ciptakan ini.


#SalamSenyum_fendyzharka

0 comments:

Post a Comment